Jumat, 14 Maret 2014

Konseling dan Konsultasi? Terdengar sama, tapi jelas berbeda.

Istilah psikologis yang nyaris serupa ini memang lah tak sama. Mungkin dari kebanyakan orang awam, 70% di antaranya masih mengartikan daengan pemahaman yang sama, dan 30% nya lagi mengatakan kalau istilah ini tidak lah berbeda.
(namanya juga awam)


Lalu apa bedanya ?


Sebelumnya, perlu kita ketahui bahwa tidak hanya konseling dan konsultasi yang terdengar sama, tapi ada juga istilah psikologis lain seperti guidance dan psychotherapy yang memiliki definisi operasional yang tidak jauh berbeda.


Untuk meluruskannya, berikut pemaparannya:

 
1.     Guidance
Guidance is a total process of giving assistance by qualified person to another person in order to understanding or knowing one’s self, developing potential, solving the problem even making wise decision.
Intinya, guidance adalah total proses bimbingan -> oleh orang yang memiliki kualifikasi -> untuk memenuhi tujuan.


2.    Counseling
Counseling is a face to face interaction between client and conselor to provider by asking an advice in order to understanding or knowing one’s self, developing potential, solving the problem even making wise decision.
Intinya, konseling adalah interaksi langsung -> klien dengan konselor -> meminta nasehat. 




 3.  Consultation
     On consultation, assistance given by professional and qualified person in certain areas to his or her clients to solve the problems. It is more common and wider than counseling, such as health consultant, finance consultant, and politic consultant etc. Intinya, konsultasi adalah bimbingan professional yang terkualifikasi -> klien bermasalah di bidang yang spesifik.
 
4. Psychotherapy
Psychotherapy is an extended process of counseling that makes the assumption of poor psychological functioning on the part of the client. (for mentally ill person). 
Intinya, psikoterapi adalah Proses penyembuhan mental illnes -> menggunakan metode psikologis (counseling) -> penerapan perawatan di bidang spesifik (medical treatment).









 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar